Tuesday 30 May 2017

Kue Ongol-Ongol


Assalamualaikum wr wb,
Alhamdulillah sekarang kita sudah berada di bulan suci ramadhan lagi, walau telat aku  menyampaikan permohonan maaf kepada semua pembaca atas segala kekhilafanku, atas kata kata atau sikapku yg mungkin kurang berkenan, janji yg tdk ditepati, ataupun prasangka buruk yang mungkin terlintas di hati, singkat kata  dengan setulus hati kusampaikan "Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
Nah sekarang kita bahas kue ongol ongol ini seperti judulnya. Sebenarnya kue ongol ongol ini adalah late post. Sudah dibuat kira kira 2 minggu yang lalu jadi tentu saja sudah habis. Saat itu anakku ada yang akan ke tempat wisata dengan guru dan teman sekelasnya. Saat itu kondisi badan kurang fit maka dibuatlah kue ini pada malam sebelum hari H karena relatif lebih mudah cara pembuatannya dan bahannya pun tersedia di rumah.
Gula merah dan gula pasir ditambahkan sebagai pemanis rasa, jika warna gula merah kurang gelap bisa diperbanyak lagi dan kurangi gula pasirnya supaya didapat rasa manis yang disuka. Atau hanya pakai gula merah saja tanpa gula pasir, sesuai selera kita masing masing.
Resep kue ini kudapat dari salah satu adik ibuku atau tanteku. Yuk mari kita bikin....!

Bahan:
1. 250 gr tepung terigu
2. 250 gr tepung tapioka
3. 5 cup air (@ 240 ml)
4. 150 gr gula merah
5. 200 gr gula pasir
6. 1sdt garam
7. 1 sdm air kapur sirih (aku tidak pakai)
8. Kelapa parut + garam secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus gula merah dan gula pasir dengan 2 cup air dan daun pandan sampai mendidih dan gula larut, saring, lalu masak kembali di wajan sampai mendidih
2. Sambil merebus gula merah campur tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan air kapur sirih dalam wadah, lalu tuangkan sisa air yang ada sedikit sedikit sambil diaduk sehingga didapat adonan yang halus
3. Saat air gula sudah mendidih, kecilkan api kompor lalu masukkan adonan tepung sambil terus diaduk
4. Aduk terus sampai adonan kue menjadi satu gumpalan besar
5. Pindahkan adonan kue ke loyang yang sudah diolesi minyak atau margarin, lalu ratakan dengan sendok supaya rapi
6. Kukus kue selama kurang lebih 40 menit sampai matang, dinginkan
7. Aduk kelapa parut dengan sedikit garam lalu kukus selama 10 - 15 menit
8. Setelah kue dingin, potong potong kue lalu baluri dengan kelapa parut kukus tadi
9. Sajikan