Thursday 10 March 2016

Membuat Donat Empuk Dengan Metode Water Roux (Tangzhong)


Assalamualaikum wr wb,
Metode water roux atau tangzhong dalam pembuatan roti atau donat mulai dikenal luas sejak hadirnya buku "65°C Bread Doctor" karya Yvonne Chen dari Taiwan yang mengupas metode water roux atau tangzhong dalam pembuatan roti.  Dalam bahasa jepang tangzhong artinya pasta terigu. Pasta terigu mampu mengikat kelembaban dalam roti sehingga roti menjadi lembut. Roti atau donat yang dihasilkan lembut dan akan tetap lembut walau disimpan selama beberapa hari asalkan dalam wadah yang tertutup.
Kalau aku bikin donat biasanya tak sempat menginap berhari hari karena keburu habis. Supaya empuk biasanya bikin roti atau donat menggunakan kentang, selain empuk, juga menambah gizi dan serat makanan, selain kentang bisa juga ubi ubian.
Sebenarnya selama jadi blogger seringkali "menemukan resep donat/roti dengan metode water roux ini, tapi baru ketemu mood-nya sekarang ini. Tapi kalau membuat pempek sudah sering menggunakan pasta terigu ini.
 Sebelumnya sempat nanya mbah gugel dan banyak sekali resepnya di dunia maya. Tapi intinya adalah perbandingan terigu dan air untuk tangzhongnya adalah 1:5, dan jumlah terigu untuk tangzhong dari keseluruhan jumlah terigu adalah 5℅ sampai lebih dari 10℅. Supaya mudah kugunakan resep donatku sendiri (  Donat isi selai rosella  ). Dan perbandingan jumlah terigu dengan jumlah keseluruhannya dipakai yang persentasenya kurang lebih 5℅ saja.
Dalam pembuatan pasta tangzhong idealnya pada suhu 65°C, tapi karena tidak punya termometer maka kompor saja yang kusetel api kecil.

Bahan A :                                    
1. 30 gr tepung terigu protein sedang  
2. 150 ml air       
                                         
Bahan  B :                                          
1. 600 gr tepung terigu protein sedang
2. 2  sdt ragi instan
3. 1 butir telur
4. 180 ml susu uht
5. 4 - 5 sdm gula pasir
6. 100 gr margarin, cairkan
7. 1/4sdt garam
8. Toping donat, sesuai selera, bisa gula halus, coklat leleh, meises, keju dll

Cara membuat:
1. Membuat biang pastanya atau tangzhong; campur semua bahan A sampai rata pada panci kecil, lalu dipanaskan dengan meletakkan panci diatas kompor dengan api kecil, aduk campuran sampai agak kental tapi tidak bergumpal, ditandai dengan dasar panci kelihatan bila diaduk, angkat dari kompor, biarkan dingin dan uap panas hilang

2. Campur susu  dengan 1 sdm terigu, gula dan ragi instan, biarkan selama 10 - 30 menit sampai berbuih/mengembang
3. Pada wadah yang cukup besar, campur dan aduk rata bahan nomor 1 (pasta/tangzhong), bahan nomor 2, telur dan tepung terigu, lalu tambahkan margarin dan garam, uleni sampai kalis selama kira kira 10 menit      
4. Istirahatkan adonan sampai mengembang 2x lipat
5. Kempiskan adonan lalu bentuklah seperti gelang, lakukan sampai adonan habis, istirahatkan lagi 10 - 15 menit sampai mengembang
6. Goreng donat sampai matang dan berwarna kuning keemasan
7. Donat diberi toping sesuai selera dan siap disajikan

No comments:

Post a Comment