Monday 25 January 2016

Black Forest


Assalamualaikum wr wb,
Alhamdulillah terpenuhi juga janji untuk jagoan kecilku. Ceritanya anak ke-3 ku minta dibuatkan kue berlapis butter cream dan bertabur coklat ini. Supaya puas makannya si kecilku rupanya juga mau punya kue sendiri, alhasil maka kubuatlah blackforest ini untuknya dan adiknya bertuliskan nama keduanya.

Aku cukup sering membuat cake bertabur coklat iris ini jika banyak waktu luang, jika banyak kesibukan maka aku lebih memilih membuat cake yang simpel saja.
Butter cream yang kubuat biasanya takarannya mengikuti "feeling" ku saja dan pakai takaran kira kira. Intinya butter cream ala aku ini terdiri dari mentega putih, gula halus dan susu kental manis putih. Supaya mudah maka resep butter cream yang kudapat dari catatan ibuku kutampilkan disini.
Sebelumnya cake coklat harus dibelah jadi 2 atau 3 lembaran cake. Bila cake nya tinggi bisa dibelah menjadi 3 lembaran, tetapi  bila tidak terlalu tinggi cake cukup dibelah menjadi 2 lembaran saja. Untuk hiasannya bisa ditambahkan buah segar ataupun manisan buah, permen coklat, wafer dll sesuai selera

Bahan cake :
1. 5 butir telur
2. 175 gr gula pasir
3. 100 gr terigu
4. 30 gr coklat bubuk
5. 20 gr tepung maizena
6.1/2 sdt baking powder (aku tidak pakai)

Bahan butter cream :
1. 80 gr gula halus
2. 240 gr mentega putih
3. 240 gr susu kental manis putih

Bahan tambahan:
1. kismis
2. coklat batangan diiris tipis
3. Permen coklat
4. Buah buahan, manisan buah atau wafer coklat, dll (aku tidak pakai)

 Cara Membuat :
1. Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena, sisihkan
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan ayakan tepung, aduk balik sampai rata
3. Masukkan ke dalam loyang bentuk hati yang sudah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung, (idealnya memakai loyang bulat diameter 22 cm)
4. Panggang pada suhu 180 derajat celcius selama lebih kurang 30 menit/sampai matang, setelah matang dinginkan
3. Untuk krim : kocok gula halus + mentega putih + susu hingga lembut, sisihkan
4. Belah cake menjadi  2 atau 3 lembaran cake, olesi lembaran cake paling bawah dengan butter cream sampai rata lalu taburi dengan kismis, lalu letakkan lembaran cake ke 2 diatasnya  dan olesi pula cake ke 2 tadi dengan butter cream sampai rata dan taburi pula dengan kismis, terakhir letakkan lembaran cake ke-3 diatasnya dan olesi dengan buter cream sampai rata sampai menutupi seluruh permukaan cake juga bagian sisi cake
5. Letakkan coklat yang telah diiris di permukaan butter cream dan hias menurut selera

No comments:

Post a Comment