Thursday 15 October 2015

Bolu Kukus Pandan Mekar (tanpa emulsifier, baking powder, dan air soda / minuman berkarbonasi)



Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah, terima kasih ya Allah yang sudah memberi begitu banyak nikmat. Saat mengetahui kalau ada bolu kukus yang bikinnya tidak pakai emulsifier, aku jadi merenung sendiri.  Betapa mudahnya Allah menutupi sesuatu yang membuatku tidak tahu tentang hal yang sebenarnya sering aku lakukan. Begitu minimnya ilmuku di bidang per'bolu'an ini, begitu kecilnya diriku ini, Istighfar! Padahal ilmu ini sering kupakai kalau buat cake atau bolu. Allah punya rahasia dan rencana yang indah, lewat seorang teman yang tinggal jauh diantara 2 benua  Dia membuka tabir ketidak tahuanku dan juga membuatku mengenal seseorang. Subhanallah!
Sudah menjadi kebiasaanku kalau membuat makanan seminimal mungkin atau tidak sama sekali memakai bahan tambahan makanan. Karena ingin memberikan makanan yang terbaik saja untuk anak tercinta. Juga karena anak sulungku terkena asma saat usia 5 tahun. Dokter anak menganjurkan agar menghindarkan anakku dari penyebab alergi yang bisa memicu timbulnya asma ini yang antara lain dari makanan. Jadi makanan sebaiknya yang alami saja.
Begitu pula untuk urusan cake atau bolu, sedapat mungkin menggunakan bahan alami saja. Selama ini kalau membuat cake dan bolu selalu menggunakan teknik pengocokan telur dan gula sampai putih, kental dan berjejak (cara sponge cake, supaya tidak menggunakan emulsifier atau pun pengembang. Untuk bolu kukus aku cukup sering membuatnya dulu, karena dulu pernah berniat jualan juga (gak jadi). Tapi .. ya itu, aku terpaku pada resep yang mengharuskan penggunaan emulsifier ( baking powder, air soda/ berkarbonasi bahkan air kelapa supaya bolunya terbahak atau mekar). Padahal setelah nanya mbah gugel, rupanya  banyak lho, he he kemana aja selama ini!
Resep bolu kukus ini kumodifikasi dari resep kue putu ayu, tapi kelapa parutnya ku skip dan air yang digunakan kuganti dengan santan kelapa. Rencana awalnya 3 hari yang lalu mau buat bolu polkadot tapi saat mengocok telur dan gula teringat dengan bolu kukus ini, maka jadi berubah bikin bolu kukus mekar saja. Resep bolu kukus tanpa emulsifier dll ini dapat dilihat juga di blog mbak Emine , tapi cairan yang digunakan adalah susu. Terima kasih kepada mbak Emine semoga Allah memberinya banyak pahala, aamin.
Karena ini adalah pertama kalinya aku bikin bolu kukus mekar tanpa tambahan makanan seperti yang diatas tadi. Maka agak dag dig der juga. Tapi Alhamdulillah bolu kukusnya ketawa, walau masih ada satu yang gundul dan mingkem dengan santunnya.

Kalau dilihat di foto nampaknya bolu kukus ini kurang mekar dibanding yang dibuat mbak Emine. Entahlah salahnya dimana, apa karena efek dari pengambilan gambar saja,  apa karena resepnya beda, apa cara pembuatannya, atau cara pengukusan. Dandang kukusan yang kugunakan adalah yang bertingkat sehingga saat mengukus banyak uap yang keluar dari sela sela tingkatannya.


Tapi Alhamdulillah, menurutku ini adalah awal yang baik, mungkin di lain waktu aku akan coba lagi. Bila berminat dengan resep bolu kukus ini berikut resepnya, semoga bermanfaat.

Bahan:
1. 3 butir telur, suhu ruang
2. 250  gr gula pasir
3. 250 gr tepung terigu
4. 100 ml santan kelapa
5. 2 sdt sari pandan (perasan daun pandan + daun katu tumbuk), jika suka bisa diganti pasta pandan dan pewarna hijau

Cara membuat:
1. Kocok telur dan gula pasir sampai kental dan putih dengan mixer kecepatan tinggi
2. Tambahkan terigu dan santan secara bergantian selang seling sambil diaduk dengan mixer kecepatan rendah
3. Ambil 1/4 bagian adonan beri sari pandan,, aduk rata
3. Masukkan tiap adonan ke dalam piping bag atau plastik bening untuk makanan yang dilubangi ujungnya nanti untuk menyemprotkan adonan`
3. Semprotkan adonan putih kedalam loyang bolu kukus yang sudah dialasi kertas khusus untuk bolu kukus lalu diatasnya diberi adonan hijau, terserah komposisi tiap adonan untuk tiap loyang yang penting cetakan bolu kukus harus penuh


4. Kukus selama 10 - 15 menit  pada dandang kukusan yang sudah banyak uapnya dengan api kompor besar, tutup kukusan dialasi serbet dan jangan dibuka sampai matang
5. Sajikan (1  resep dapat 14 buah bolu kukus)
 untuk bolu kukus lain bisa dilihat di http://nestygumayeka.blogspot.com/2015/11/bolu-kukus-tanpa-emulsifier-2.html

No comments:

Post a Comment